Suki, Shabu-Shabu, Steamboat



shabu shabu

Sebenarnya apa yang disebut dengan Suki? Suki adalah sejenis hidangan yang terdiri dari kuah dalam panci besar yang dipanaskan di atas kompor yang biasanya sudah disediakan di atas meja-meja restoran yang menawarkan Suki.

Di beberapa negara Asia, ada masing-masing versi Suki. Jika di Jepang orang-orang mengenalnya dengan sebutan Shabu-shabu, di Cina dikenal dengan nama Hot pot atau Steamboat, sementara nama Suki sendiri hadir untuk sebutan salah satu sajian dari Thailand.

Dan meskipun secara penyajian, tidak ada perbedaan yang besar antara Shabu-shabu, Steamboat, juga Suki, yakni dengan menggunakan kuah kaldu ayam untuk merebus berbagai macam isian yang disajikan. Tetapi karena Thailand memiliki kuah dengan cita rasa yang khas, yang dikenal dengan Tom Yam, maka biasanya Suki ditambahkan dengan variasi kuah Tom Yam tersebut di dalam pancinya.

Sementara untuk isinya, disajikan berbagai sayuran hijau seperti pakcoy, sawi putih. Aneka jamur, mulai dari jamur kuping, enoki, shitake. Juga daging-dagingan, mulai dari daging sapi yang diris tipis, daging ayam, daging sea food. Bukan hanya itu saja, ada juga pelengkap isian seperti aneka macam tahu, dari kulit tahu goreng, tahu putih, tahu yang sudah digoreng, pangsit berisi, baso, sampai mie.

Hidangan ini juga biasanya disajikan dengan saus wijen, tumisan bawang putih cincang, bawang putih goreng, kecap, juga irisan rawit untuk menambah cita rasa.
Jadi termasuk suki, shabu-shabu atau steamboat kah yang biasa saya buat ini?.. whatever dweeh, yg penting enaak ya... enak insya Allah...beneran, coba deh!
Bahan kuah:
o    6 potong ceker ayam.
o    600 ml air matang.
o    1/4 bawang bombay.
o    2 lembar daun salam.
o    2 cm jahe, kupas dan geprek.
o    1 sdt minyak wijen.
o    merica.
o    garam.
o    1-2 siung bawang putih, cincang kasar.
Bahan isi:
o    bakso salmon.
o    bakso lobster.
o    tofu.
o    sawi daging.
o    sawi putih.
o    udang.
Bahan sambal:
o    saus sambal botolan.
o    kecap asin.
o    air kaldu (yang belum dibumbui).

Cara membuat:
Kuah:
o    didihkan air lalu masukkan ceker, bawang bombay, daun salam, dan jahe.
o    tunggu hingga air mendidih lagi lalu kecilkan api dan tunggu selama 10 menit.
o    matikan api, pisahkan air kaldu dari bahan-bahan lainnya.
Sambal:
o    dalam wadah, campur saus sambal, kecap asin, dan air kaldu hingga teksturnya agak encer.
Steamboat:
o    panaskan air kaldu dan 200 ml air matang (agar kuah tambah banyak).
o    tambahkan minyak wijen, merica, dan garam sesuai selera.



shabu shabu


henny marlina

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: